SOAL EVALUASI II
IDENTITAS
SEKOLAH
|
:
|
SMK
MA’ARIF 1 KEBUMEN
|
MATA
PELAJARAN
|
:
|
BAHASA
INDONESIA
|
KELAS
|
:
|
XII
|
1.
Cermati teks
berikut!
Industri kimia seperti alkohol, etanol, dan methanol dalam proses
pembuatannya mencemari lingkungan. Limbah cair yang dikeluarkan ke lingkungan
sekitarnya sangat besar. Air limbah ini mengandung mikroorganisme, senyawa
organik dan anorganik, baik terlarut maupun tersuspensi, serta senyawa
tambahan yang terbentuk selama fermentasi berlangsung. Industri ini menghasilkan
limbah cair dari proses produksinya, air sisa pencucian peralatan, limbah
padat berupa onggokan hasil perasan, endapan CaSO4, serta gas berupa uap yang
mencemari air dan udara.
|
Simpulan
paragraf tersebut adalah ...
A. Limbah industri termasuk limbah yang
mencemari lingkungan.
B. Industri kimia menghasilkan limbah yang dapat mencemari
lingkungan.
C. Air limbah alkohol bersifat mencemari dan
merusak lingkungan.
D. Selain limbah cair, limbah industri kimia
menghasilkan limbah padat.
E. Limbah cair dari industri kimia terjadi saat
proses fermentasi.
2.
Cermati teks berikut!
Film yang berdurasi 2,5 jam lebih ini memperlihatkan segi artistik dan
properti ala tahun 1930-an. Namun begitu meyakinkan kalau peristiwa itu
terjadi pada tahun tersebut. Hal yang paling terasa adalah alur cerita yang
terkesan lambat dan ada beberapa bagian yang kurang menarik, seperti terlihat
pada adegan ketika tokoh ainuddin dan Hayati
sedang surat menyurat. Akibatnya, konflik yang didapat kurang menarik
|
Struktur yang tepat sesuai
dengan kutipan teks ulasan film tersebut adalah ....
A.
orientasi
B.
tafsiran isi
C.
sinopsis
D.
koda
E.
evaluasi
3.
Cermati teks negosiasi yang disusun secara acak berikut!
(1) Wahyu :
“Selamat siang, Ji.”
(2) Wahyu
: “Nanti malam di rumahku kan mau
kumpul-kumpul alumni SD dulu. Ya, seperti reunian, gitu. Aku boleh pinjam
kameramu, gak ?“
(3)
Aji : “Selamat siang, apa kabar. Bagaimana, Yu?”
(4)
Wahyu : “Pukul 16.00, nanti kalau boleh aku ambil
kameramu pukul 15.00. gimana Ji, bisa?”
(5)
Aji : “Oh ... memangnya jam berapa acaranya?”
|
Urutan yang
tepat teks negosiasi tersebut adalah ....
A. (1), (2), (3), (4), (5)
B. (1), (3), (2), (5),
(4)
C. (1), (4), (4), (3), (5)
D. (1), (5), (3), (4), (2)
E. (2), (3), (1), (4), (5)
4.
Bacalah penggalan cerpen berikut!
Ada yang janggal dari wajahmu, tapi aku tak pernah memberi tahu. Jejak
cambangmu yang kehijauan setelah habis dicukur. Itu aneh. Kulitmu bening
bersemu merah seperti bayi, bibirmu merah berkilap seperti dioles gincu, dan
kaca mata itu hadir sedemikian rupa membuatmu seperti anak baru lulus sekolah
dasar. Kamu tak seharusnya memiliki cambang. Aku yang lebih pantas. Tapi
hidup terkadang buta menentukan siapa yang layak dan tidak.
(Guruji, Dewi Lestari)
|
Majas yang terdapat dalam penggalan cerpen tersebut adalah ....
A. simile D. metafora
B. personifikasi E.
paradoks
C. hiperbola
5.
Bacalah penggalan cerita berikut!
Sambil
menyandarkan punggungnya di dinding tripleks mereka yang tipis, Emak menatap
sekeliling. Matanya menyenter rumah kotak mereka yang empat sisinya terbuat
dari tripleks. Hanya satu ruangan, di situlah mereka sekeluarga, ia suami,
dan lima anaknya –sekarang empat- memulai dan mengakhiri hari-hari. Tak ada
jendela, karena rumah-rumah di kolong jembatan tol menuju bandara itu terlalu
berdempet. Bahkan nyaris tak ada celah untuk sekadar lalu lalang, kecuali
gang senggol yang terbentuk tak sengaja akibat ketidakberaturan pendirian
rumah-rumah tripleks di sana. (Jendela
Rara, Asma Nadia)
|
Unsur ekstrinsik yang dominan pada penggalan
cerita tersebut adalah ....
A. ekonomi
B. sosial
C. religius
D. psikologi
E. geografi
6.
Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Peraturan
Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Hal
ini membuka keran fleksibilitas
sikap pro-investasi yang tak terbayangkan bisa bergerak secepat ini. PP rezim
baru perizinan ini di-launching di
Kemenko Perekonomian pada 9 Juni lalu.
|
Makna istilah terintegrasi dan fleksibilitas dalam paragraf di atas ialah ....
A. menyatu, keharmonisan
B. melekat, kekompakan
C. meresap, kemajuan
D. membaur, keluwesan
E.
menguasai,
kelenturan
7.
Bacalah paragraf berikut!
Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada
para korban gempa. Bantuan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya.
Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar Rp 10 juta . Warga
yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar Rp 20 juta, sedangkan
warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar Rp 30 juta. Calon
penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan
pengawasan dari pihak LSM.
|
Ide pokok paragraf tersebut adalah
...
A. Perbedaan tingkat kerusakan rumah warga
akibat gempa.
B. Pembangunan rumah warga korban gempa oleh
pemerintah.
C. Rencana bantuan pembangunan
rumah untuk korban gempa.
D. Bantuan 10,20, dan 30 juta rupiah untuk
semua korban gempa.
E.
Penentuan
calon penerima bantuan pembangunan rumah.
8.
Perhatikan
teks berikut!
Merebus adalah teknik memasak yang lebih menguntungkan
dibandingkan dengan menggoreng, membakar, atau memanggang. Hali ini
disebabkan energi panas dapat lebih meresap ke bahan makanan sehingga dapat
melepas racun atau zat yang kurang menguntungkan lainnya sehingga makanan
aman dikonsumsi. Dengan teknik ini, manusia purba menyadari bahwa beragam
hewan dan tanaman lebih banyak bisa dikonsumsi. Tulang hewan misalnya, belum
tentu bisa dimakan jika hanya dibakar.
|
Informasi tersirat dalam paragraf tersebut adalah ....
A.
Energi panas dapat lebih menyerap ke bahan makanan jika
direbus.
B.
Mengolah bahan makanan jika direbus lebih
menguntungkan.
C.
Energi panas kurang
dapat meresap pada makanan yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar.
D.
Manusia purba mengolah bahan makanannya dengan cara
direbus dan dibakar.
E.
Hewan dan tanaman bisa dikonsumsi jika dimasak dengan
cara direbus.
9.
Cermati
kalimat berikut ini!
Generasi muda
sebagai insan yang diharapkan menjadi penerus pembangunan bangsa diharapkan
memiliki beragam kecerdasan, baik kecerdasan spiritual, emosional, maupun
kecerdasan intelektual.
|
Inti kalimat tersebut adalah ...
A.
Generasi
muda merupakan insan penerus pembangunan.
B.
Generasi
muda sebagai insan yang memiliki beragam kecerdasan.
C.
Generasi
muda memiliki kecerdasan spiritual, emosional, intelektual.
D.
Generasi
muda menjadi penerus pembangunan yang cerdas.
E.
Generasi muda diharapkan memiliki beragam kecerdasan.
10.
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Kebiasaan memainkan HP atau gawai dapat merusak kebersamaan dalam
keluarga. Sebuah keluarga kendati bisa makan bersama tetapi sesungguhnya bisa
jadi tidak berada dalam kebersamaan jika masing-masing anggota keluarga sibuk
memainkan HP atau gawai mereka. Suatu keluarga secara fisik tampak seperti
dalam kebersamaan padahal jiwa mereka tidaklah bersama-sama karena mereka
bermain dengan kesenangannya masing-masing.
|
Ringkasan yang
tepat sesuai dengan teks berita tersebut adalah ...
A. Memainkan HP dapat merusak kebersamaan
dalam keluarga padahal mereka bisa makan bersama-sama dan bermain dengan
kesenangannya masing-masing.
B. Sebuah keluarga kendati bisa makan bersama
tetapi sesungguhnya tidak berada dalam kebersamaan karena memainkan HP dapat
merusak kebersamaan.
C. Kebiasaan memainkan HP dapat
merusak kebersamaan dalam keluarga karena mereka sibuk bermain HP dengan
kesenangannya masing-masing.
D. Kebiasaan memainkan HP dapat merusak
kebersamaan dalam keluarga karena masing-masing
memiliki HP.
E.
Sebuah
keluarga bisa makan bersama tetapi sesungguhnya tidak berada dalam kebersamaan
karena masing-masing senang memainkan HP.
11.
Bacalah kutipan
drama berikut dengan saksama!
Reso
: (1) Apa yang tidak Anda suka pada diriku?
Sekti
: (2) Ada satu rahasia yang menyelubungi diri Anda yang membuat diri
saya penasaran.
Reso
: (3) Hmm. Begitu. Memang ada sikap Anda yang agak mengganggu hubungan
kita berdua.
(4) Tetapi, rupanya bukan soal
yang menyangkut rasa tidak suka, melainkan menyangkut rasa curiga.
Sekti : (5) Ya! Ya! Memang begitu! Betul! Saya
punya rasa curiga pada diri Anda.
(40 Pertemuan dari Hari ke Hari,
W.S. Rendra)
|
Bukti watak curiga tokoh Sekti dalam kutipan drama
di atas adalah ....
A. (1), (2), (3) D. (2), (4), (5)
B. (1),
(2), (4) E. (3), (4), (5)
C. (2), (3), (4)
12.
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Dokter praktek lebih dipilih masyarakat untuk berobat karena
pelayanannya yang memuaskan. Obat yang diberikan lebih berkualitas dibanding dengan yang lain. Bahkan ada dokter praktek
yang membuka apotek di tempat ia
bekerja.
|
Kata-kata yang bercetak miring di atas yang sesuai
dengan EYD adalah ....
A. praktek, berkualitas, apotek
B. praktek, apotek, berkwalitas
C. praktik, berkualitas, apotek
D. berkualitas, praktek, apotik
E. apotek, berkualitas, praktek
13.
Bacalah penggalan novel berikut dengan saksama!
Belum ada siswanya yang berumur
empat puluh tahun, dan usia empat puluh tahun adalah sebaik-baik usia. Pada
umur itu orang mulai menengok-nengok ke belakang dan bertanya pada diri
sendiri: apakah telah kau berikan pada manfaat bagi kehidupan ini? Bagi orang
intelegen, orang cerdas bukan hanya berilmu dan berpengetahuan yang tak
terlepas dari masalah-masalah kehidupan yang memerlukan jalan keluar. Maka
kau harus berperan.
|
Unsur intrinsik yang menonjol pada penggalan novel
tersebut adalah ....
A.
tema
B.
amanat
C.
tokoh
D.
latar
E.
sudut pandang
14.
Bacalah kalimat rumpang berikut dengan saksama!
Akibat kabut asap yang melanda
Provinsi Riau, beberapa penerbangan [...] dibatalkan. Penumpang yang gagal
terbang akan mendapatkan refund
(uang pengembalian) dari [...] penerbangan masing-masing melalui loket atau agen
terdekat.
|
Kata yang tepat untuk
melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A.
konsumerisme,
pramugari
B.
komanditer,
kopilot
C.
komunikatif,
pilot
D.
komersial,
maskapai
E.
komersial,
anjungan
15.
Bacalah dengan cermat kalimat rancu berikut !
Terjadi tabrakan antara bus
yang melaju kencang dengan truk barang dari arah berlawanan yang terlalu
berjalan di sisi kanan. Setelah kejadian itu, truk barang dilarang tidak
boleh melalui jalur tersebut.
|
Perbaikan
kalimat yang rancu di atas adalah ....
A. Terjadi tabrakan antara bus yang
melaju kencang melawan truk barang dari arah berlawanan yang terlalu berjalan
di sisi kanan. Setelah kejadian itu,
truk barang dilarang tidak boleh melalui jalur tersebut.
B. Terjadi tabrakan antara bus
yang melaju kencang dan truk barang dari arah berlawanan yang berjalan terlalu
di sisi kanan. Setelah kejadian itu, truk barang dilarang
melalui jalur
tersebut.
C. Terjadi tabrakan antara bus yang
melaju kencang bersama truk barang dari arah berlawanan yang berjalan terlalu
di sisi kanan. Setelah kejadian itu, truk barang tidak boleh dilarang melalui
jalur tersebut.
D. Terjadi tabrakan antara bus dengan
truk barang dari arah berlawanan yang terlalu berjalan di sisi kanan. Setelah
kejadian itu, truk barang dilarang tidak boleh melalui jalur tersebut.
E. Terjadi tabrak antara bus beserta
truk barang dari arah berlawanan yang berjalan terlalu di sisi kanan. Setelah
kejadian itu, truk barang dilarang melalui jalur tersebut.
16. Bacalah paragraf
di bawah ini dengan cermat!
Berdasarkan catatan sejarah
kekuatan gempa, hanya pantai selatan Irian dan Kalimantan bagian barat yang
masuk kategori wilayah stabil. Wilayah itu memang tidak pernah punya catatan
terjadi gempa bumi. Di luar wilayah itu, semuanya punya potensi bencana.
… ,
tidak boleh ada kata berhenti untuk menyosialisasi bahaya di daerah rawan gempa. Terlebih ketika bencana
benar-benar terjadi, harus ada sistem yang secara otomatis bekerja memberi
informasi. (Media Indonesia, 15 April
2007, dengan beberapa perubahan)
|
Kata penghubung
yang
tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
A. oleh karena itu
B. sebab
C. namun
D. akan tetapi
E. bahkan
17. Bacalah teks prosedur berikut!
Proses pengurusan KTP
elektronik
(1) Ambil nomor antrean,tunggu pemanggilan
nomor antrean.
(2) Menuju ke .loket yang ditentukan
(3) Masukan data dan foto anda
(4) Pembuatan e-KTP selesai
(5) KTP diambil dua minggu kemudian.
|
Kalimat imperatif pada teks
prosedur kompleks ditandai dengan nomor….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (4)
C.
(5) dan (3)
D. (4) dan (5)
E. (1) dan (3)
18. Bacalah paragraf yang rumpang di bawah ini dengan
cermat!
Polusi udara tidak hanya
terjadi di luar ruang, tetapi juga di dalam ruang (1). Polusi udara di luar
ruangan sebagian besar ditimbulkan oleh asap kendaraan bermotor (2). Di
samping itu, juga oleh asap dan debu pabrik-pabrik (3) .…(4). Di DKI
contohnya, setiap tahun muncul 500 kasus baru penyakit jantung (5).
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang
dirumpangkan adalah ...
A. Polusi di luar ruang telah membawa akibat
buruk yang serius.
B. Polusi di luar ruang menyebabkan udara menjadi bahaya.
C. Polusi di luar ruang mengganggu aktivitas masyarakat.
D. Polusi di luar ruang menyebabkan tumbuhan banyak yang
mati.
E. Polusi di luar ruang harus ditangani pemerintah secara
serius.
19.
Bacalah kutipan hikayat berikut
ini!
Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh
tahundan dititahkan pergi mengaji, mereka dititah mengaji kitab usul, fikih
hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya. Setelah bebrapa lamanya,
mereka belajar pula ilmu senjata, ilmu hikmat, dan isyarat tipu peperangan.
(Hikayat Indera Bangsawan)
|
Nilai kutipan hikayat di atas yang masih
relevan dan dapat diterapkan dalam kehidupan saat ini adalah ...
A. Kewajiban menuntut
ilmu, baik ilmu umum atau ilmu agama.
B. Kewajiban anak untuk merantau sesuai dengan
perintah orang tua.
C. Kewajiban orang tua untuk mengajari anak
tentang kemandirian.
D. Kebiasaan raja untuk membekali anaknya
dengan berbagai ilmu.
E. Menggunakan tipu muslihat untuk memenangkan
peperangan.
20.
Cermati kalimat-kalimat acak berikut!
1.
Para dokter akan sangat terbantu mendiagnosis penurunan kekebalan tubuh
anak.
2.
Penghargaan itu diberikan atas jasa mereka menemukan
transportasi molekul.
3.
Penemuan ini berkontribusi pada penyakit diabetes dan
kekebalan tubuh.
4.
Lima orang peneliti ilmu sosiologi mendapat nobel.
5. Para
biotek pun dapat memproduksi
sejumlah obat yang dibutuhkan.
|
Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi
paragraf deduktif dengan urutan ....
A. 3-2-4-1-5
B. 3-4-2-1-5
C. 4-3-2-5-1
D. 4-2-3-1-5
E.
3-2-4-5-1
21.
Bacalah teks ulasan berikut dengan saksama!
Aku memberi selamat
kepada kedua pengantin. Mereka tersenyum agak kelihatan sungkan.
“Monggo, Den Yanto, silakan duduk.”
Aku tertarik pada
seorang bocah patah di sebelah
Sumarni.
Entah mengapa aku ingin
menegurnya. Apakah matanya mirip dengan Sri?
“Sopo jenengmu, cah ayu?” tanyaku sambil men-jawil
pipinya.
“Yanti ...,” jawabnya
dengan cukup kenes.
|
Ulasan yang berisi kelemahan
kutipan cerpen di atas yang sesuai adalah ...
A.
Alur cerita terasa biasa, dan mudah ditebak kelanjutan
ceritanya sehingga tak ada kejutan.
B.
Penokohan dalam cerita tidak digambarkan secara jelas
sehingga pembaca sulit menerka watak masing-masing tokoh.
C.
Penggambaran latar tidak diungkapkan secara detai
sehingga pembaca sulit membayangkan suasana yang terjadi dalam cerita.
D. Penggunaan
bahasa daerah agak mengganggu karena tidak semua pembaca memahami maknanya.
E.
Kisah ceritanya berbelit-belit dan susah dipahami
sehingga kurang menarik bagi pembaca pemula.
22. Cermati data berikut!
Judul buku : Sosok di Balik Perang
Kota Terbit : Jakarta
Nama Pengarang :
Ratna Rengganis
Tahun terbit : 2013
Nama Penerbit :
Ratih Asa Sukses
Halaman : 34
|
Penulisan daftar pustaka yang
sesuai dengan data tersebut di atas adalah ...
A. Rengganis,
Ratna. 2013. Sosok di Balik Perang. Jakarta
: Ratih Asa Sukses.
B.
Rengganis, Ratna, 2013, Sosok di Balik Perang, Jakarta : Ratih Asa Sukses.
C.
Rengganis Ratna. 2013. Sosok di Balik Perang. Jakarta , Ratih Asa Sukses.
D.
Ratna Rengganis. 2013. Sosok di Balik Perang. Jakarta : Ratih Asa Sukses.
E.
Rengganis, Ratna. Sosok
di Balik Perang. Jakarta : Ratih Asa Sukses.2013.
23. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Tepung telur atau disebut juga telur
kering/puder salah satu bentuk awetan telur melalui proses pengeringan dan
penepungan. Di samping lebih awet, keuntungan dari tepung telur ialah volume
bahan menjadi jauh lebih kecil sehingga menghemat uang penyimpanan dan biaya
pengangkutan. Selain itu, tepung telur
umumnya memiliki daya busa lebih rendah dibandingkan dengan telur segar.
|
Kalimat yang tepat untuk memvariasi kalimat
bercetak iring pada paragraf di atas adalah ...
A. Selain itu daya busa
yang dimiliki tepung telur lebih rendah dibandingkan telur segar.
B. Selain itu, telur segar memiliki daya busa
yang lebih rendah dibandingkan tepung telur.
C. Selain itu, daya busa yang dimiliki tepung
telur lebih tinggi dibandingkan telur segar.
D. Selain itu, tepung telur memiliki daya busa
yang lebih tinggi dibandingkan telur segar.
E. Selain itu, daya busa tepung telur tidak
sebanding dengan daya busa telur segar.
24.
Bacalah penggalan teks ulasan berikut
dengan saksama!
Film “Rumah Tanpa Jendela” mengikuti tradisi opposite atrracks. Aldo dan Rara bertemu secara tidak sengaja
dalam sebuah kecelakaan kecil. [ ... ]. Persahabat tersebut bukan hanya
pertemanan antarindividu, melaikan pertemuan dua kutub latar belakang status
sosial yang berbeda. Hal itu tergambar pada kondisi keluarga Aldo dan
teman-teman Rara, antara si miskin dan si kaya.
|
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi teks ulasan rumpang tersebut adalah ...
A. Kedua orang taunya ternyata bersahabat.
B. Mereka sudah bersahabat sejak kecil.
C. Peristiwa itu membuat Rara dan Aldo bekerja
sama.
D. Sejak peristiwa itu mereka sering bertemu.
E. Sejak saat itu
mereka bersahabat.
25. Bacalah kalimat-kalimat yang diacak berikut dengan
saksama!
(1) Masih sisa dua tumpuk, aku segera bergegas.
(2) “Bawa ikannya ke belakang
sana. Jangan ditaruh di atas etalase kaca mahalku,” Acong melotot sambil
mereken uang kembalian, tidak peduli.
(3) Istri Acong sedang menyalakan kompor,
tertawa senang melihatku membawa ikan segar.
(4) Dia pun menyerahkan uang.
(5) Aku bersungut-sungut membawa ikan ke
bagian belakang toko kelontong.
|
Urutan-urutan kalimat yang tepat
untuk cerita tersebut adalah ....
A. (1), (2), (3), (5), (4)
B. (2), (5), (3), (4), (1)
C. (3), (1), (2), (4), (5)
D. (4), (3), (2), (1), (5)
E. (5), (4), (1), (2), (3)
26.
Bacalah matrik berikut
dengan saksama!
RATA-RATA NILAI ULANGAN HARIAN
KELAS XI TKJ 1
MAPEL
|
ULANGAN HARIAN KE-
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Bahasa Indonesia
|
88
|
86
|
82
|
Bahasa Inggris
|
85
|
84
|
79
|
Matematika
|
86
|
83
|
78
|
Rata-rata
|
86,3
|
84,3
|
79,7
|
Simpulan matriks di atas yang tepat
adalah ...
A. Nilai ulangan bahasa Indonesia selalu
mengalami penurunan.
B. Rata-rata nilai ulangan harian kelas XII TKJ
1 pada semua mata pelajaran sangat fluktuatif.
C. Pada ulangan harian ke-3 banyak siswa yang
sakit sehingga rata-rata nilainya turun drastis.
D. Pada ulangan harian ke-1 para siswa masih fresh sehingga rata-rata nilainya
tinggi.
E. Penurunan nilai
terbesar pada semua mata pelajaran terjadi pada ulangan harian ke-3.
27.
Bacalah dialog berikut
dengan saksama!
Papa :
Buang! Buang kataku! Aku menanam ganja bukan untuk anak-anakku
melainkan untuk orang lain. Aku hanya butuh uang untuk anak-anakku.
Sarjun : Hmmmm, aku bangga jadi anak orang yang
mamikirkan anak-anaknya. Aku bangga! Aku bangga!
Papa :
(menangis terisak-isak)
Sarjun :
(menaruh segelas air putih, ditatapnya ayahnya). Benar-benar tidak
masuk akal, [...]
Papa :
Alpin. Alpin. Ia ditahan polisi. Alpin tertangkap basah menghisap daun
jahanam itu!
Sarjun :
Daun ganja? Yang ditanam orang lain yang tidak rela anaknya menghisap
ganja!
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
dialog di atas adalah ...
A.
Di mana sekarang Alpin, adikku?
B.
Mengapa ayah menangis, apa yang telah terjadi?
C.
Apakah ayah tahu kalau Alpin ditahan polisi?
D.
Ayah menangis yah? Siapakah yang telah menyakiti ayah?
E.
ternyata ayah yang keras itu bisa menangis juga?
28.
Perhatikan penulisan
alamat berikut dengan saksama!
Kepada Yth. Ir.
Donny Nurdiansyah
Jl. Kolonel
Sugiono No. 69
Surabaya
|
Perbaikan penulisan alamat surat tersebut yang tepat
adalah ....
A.
Kepada: Ir. Donny Nurdiansyah
Jln. Kolonel Sugiono No. 69
Surabaya
B.
Yth: Ir. Donny Nurdiansyah
Jln. Kolonel Sugiono No. 69
Surabaya.
C.
Kepada Yth. Ir. Donny Nurdiansyah
Jln. Kolonel Sugiono No. 69
Surabaya
D.
Kepada: Ir. Donny Nurdiansyah
Jalan. Kolonel Sugiono No. 69
Surabaya.
E.
Yth. Ir. Donny
Nurdiansyah
Jalan Kolonel Sugiono No. 69
Surabaya
29.
Penulisan judul karangan yang tepat adalah ....
A. Penapisan Bakteri Dari Air Selokan Dalam
Upaya Penguraian Limbah Minyak Dan Deterjen Skala Rumah Tangga
B. Penapisan Bakteri dari Air Selokan dalam
Upaya Penguraian Limbah Minyak Dan Deterjen Skala Rumah Tangga
C. Penapisan Bakteri dari Air Selokan Dalam
Upaya Penguraian Limbah Minyak dan Deterjen Skala Rumah Tangga
D. Penapisan
Bakteri dari Air Selokan dalam Upaya Penguraian Limbah Minyak dan Deterjen
Skala Rumah Tangga
E.
Penapisan Bakteri dari Air Selokan, dalam Upaya Penguraian Limbah Minyak
dan Deterjen Skala Rumah Tangga
30.
Bacalah
kalimat berikut dengan saksama!
Fungsi pendidikan menurut UU
Sisdiknas, pasal 3, adalah mengembangkan kemampuan, membentuk watak dan
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa.
|
Kalimat yang
semakna dengan kalimat di atas adalah ...
A. Mengembangkan kemampuan,
membentuk watak dan peradaban bangsa
yang bermartabat merupakan fungsi pendidikan menurut UU Sisdiknas, pasal 3,
dalam rangka mencerdaskan bangsa.
B. Menurut UU Sisdiknas, pasal 3, fungsi pendidikan adalah
mengembangkan kemampuan, membentuk watak, dan peradaban bangsa dalam rangka mencerdaskan bangsa.
C. Dalam rangka mencerdaskan bangsa, fungsi
pendidikan adalah mengembangkan kemampuan, membentuk watak dan peradaban bangsa
yang bermartabat sesuai UU Sisdiknas pasal 3.
D. Menurut
UU Sisdiknas, pasal 3, fungsi pendidikan adalah
mencerdaskan bangsa dengan mengembangkan kemaan mpuan, membentuk watak
dan peradaban bangsa yang bermartabat.
E. Dalam rangka membentuk watak dan peradaban
bangsa yang bermartabat, perlu upaya memahami fungsi pendidikan untuk
mengembangkan kemampuan, menurut UU Sisdiknas, pasal 3.
31.
Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
(1) Kenyataan yang diketahui kini, Bumi
membutuhkan waktu 24 jam dalam satu hari untuk berutar penuh pada porosnya.
(2) Padahal, sebenarnya Bumi sempat berputar jauh lebih cepat. (3) Ia
membutuhkan waktu hanya dua hingga tiga jam untuk memenuhi satu harinya. (4)
Adanya gaya gravitasi yang dihasilkan oleh Matahari dan Bulan berperan besar
dalam memperlambat putaran Bumi selama miliaran tahun hingga sampai pada
kecepatannya saat ini. (5) Sampai saat ini pun, Bumi terus mengalami
perlambatan dengan kisaran 0,0018 detik tiap abad.
|
Pola
hubungan sebab akibat dalam paragraf tersebut terdapat dalam kalimat adalah ....
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
32.
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Secara tiba-tiba Dodi menghampiri Bona
yang sedang duduk di teras. (2) Sambil marah, dia menuduh kalau Bona sudah
menjelekkan keluarganya. (3) Berbagai umpatan keluar dari mulutnya tanpa
berhenti. (4) Tak hanya itu tanpa bertanya lebih dahulu disikatnya Bona
hingga terjatuh. (5) Bona tak tahu pasti penyebab tetangga dekatnya tersebut
gelap mata. (6) Siang itu juga polisi datang menangkap Dodi dengan tuduhan
penganiayaan.
|
Kalimat yang menggunakan kata bermakna konotasi
dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D.
(4) dan (5)
E.
(5) dan (6)
33. Cermati teks berikut dengan saksama!
Bumi acapkali disebut
Planet Biru karena citranya tampak biru saat diambil siang hari, tapi apakah
biru juga pada malam hari? Citra terbaru yang dilaporkan National Ocenic and Atmospheric Administration (NOAA) pada malam
hari bumi menyerupai kelereng hitam dengan hiasan glitter keemasan. Citra memperlihatkan cahaya berasal dari bulan
dan api alami, cahaya inilah yang membuat bumi kerlap-kerlip seperti glitter emas.
|
Kalimat
tanya yang jawabannya terdapat dalam paragraf di atas adalah ...
A.
Dari arah mana perbedaan warna bumi dapat dilihat?
B.
Benarkah citra bumi telah berubah warna?
C.
Mengapa citra bumu berubah warna?
D. Bagaimana
perbedaan citra bumi pada siang dan malam hari?
E.
Bagaimana cara membedakan citra bumi pada malam hari?
34. Cermati pantun rumpang berikut!
Tak ingin lepas ikatlah erat,
ikatan erat bertali mati.
Cinta Bunda tiada bersyarat,
[ ... ]
|
Baris yang tepat untuk melengkapi
pantun di atas adalah ...
A. tulus ikhlas
hingga akhir nanti
B.
meski pedih dibawa mati
C.
jika kurang bisa tambah lagi.
D.
bahkan hingga ke dasar bumi.
E.
bahkan tak ingin dibawa pergi.
35. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Teks 1
Aku berada dalam puncak kegelisahan.
Tanganku dingin, jantungku berdetak semakin cepat. Suara kumbang-kumbang
semakin riuh merubung aku, menerorku tanpa ampun. Ngiung! Ngiung! Ngiung!
Dadaku sesak karena rindu dan marah, aku naiki
sadel sepeda, sudah tak tahan ingin berlalu dari neraka ini. Namun ketika aku
akan mengayuh sepeda, aku mendengar persis di belakang suaraku. Suara lembut
seperti tofu. Suara yang membuat kumbang-kumbang terdiam bungkam .
|
Teks 2
Mereka tiba di lapangan tepat waktu. Ada 54
relawan yang dilantik pagi itu dari seratus orang yang memulai pelatihan
setahun yang lalu. Sisanya mengundurkan diri atau tidak lulus. Komandan
markas organisasi relawan memimpin upacara pelantikan, juga hadir banyak
relawan senior, pejabat pemerintah, petugas medis dan marinir yang memenuhi
lapangan.ini acara tahunan yang penting bagi organisasi, sekaligus reuni.
Bencana gunung meletus tiga tahun yang lalu membuat banyak persahabatan baru,
menemukan keluarga baru di antara mereka.
|
Perbedaan karakteristik
kedua novel tersebut adalah ...
A.
Teks pertama berisi permasalahan diri sendiri,
teks kedua berisi permasalahan sosial.
B. Teks pertama menggunakan
pola pengembangan alur maju, teks kedua pengembangan alur mundur.
C. Tokoh teks pertama
memiliki sifat egois sedangkan teks kedua memiliki sifat dermawan.
D. Latar yang digunakan pada
teks pertama latar waktu, sedangkan teks kedua latar tempat.
E.
Teks pertama berisi pengungkapan peristiwa, teks kedua
berisi pengenalan peristiwa.
36.
Cermati penulisan kalimat
berikut!
Kau pandai sekali bercerita, kata Ima,
dua kali lebih pandai dibanding Ira.
|
Perbaikan penulisan kalimat di
atas tepat adalah ...
A. “Kau pandai sekali
bercerita,” kata Ima, “dua kali lebih pandai dibanding Ira.”
B.
“Kau pandai sekali bercerita,” kata Ima, “Dua kali lebih
pandai dibanding Ira.”
C.
“Kau pandai sekali bercerita,” Kata Ima, “Dua kali lebih
pandai dibanding Ira.”
D.
“Kau pandai sekali bercerita”, kata Ima, “dua kali lebih
pandai dibanding Ira”.
E.
“Kau pandai sekali bercerita,” kata Ima. “dua kali lebih
pandai dibanding
37.
Bacalah penggalan cerita berikut dengan
saksama!
“ Anda tidak sakit? ” tanyaku lagi
dengan nada lemah lembut.
Yang kali ini menggeleng.
“ Mengapa sepagi ini Anda di taman?
“ aku memberanikan diri melanjutkan pertanyaan.
Dia menarik napas panjang, lalu
memandangiku sejenak. Kemudian diam lagi. Matanya yang bulat hitam menerawang
jauh, hampa. Sungguh, mengundang iba. Maka kudekati dia, sambil berkata,“Tolong,
katakan, apa masalah Anda. Siapa tahu saya biasa menolong, walau di antara
kita belum saling mengenal. Percayalah, saya orang baik-baik. Saya dari
Amerika. Ini identitas saya, “ kukeluarkan paspor dari saku jaketku”.
(Pengakuan
Gadis Bergaun Hitam, Naning Pranoto)
|
Watak tokoh aku dalam penggalan cerpen di atas
adalah ....
A.
lemah lembut D.
jujur
B.
pemberani E.
bisa dipercaya
C.
belas kasihan
38.
Bacalah penggalan cerpen berikut dengan
saksama!
“Apa benar kau menyontek Mita?”
“Tidak, Bu,” jawab Mita jujur. Mita menatap Dera sedih. Mencoba
membuatnya bersalah.
“Bohong, Bu. Saya tadi melihatnya,” ucap Dera tanpa ampun.
“Dera yang menyontek Bu, bukan Mita. Saya tadi melihatnya,” seru sebuah
suara. Tampak Wawan mencoba membelanya.
“Benarkah kau yang menyontek, Dera?”
“Ti...tidak, Bu.”
“Ayo ikut Ibu ke kantor.”
Dera keluar kelas dengan wajah tertunduk malu. Seharusnya dia menuruti
nasihat Mita untuk tidak menyontek. Akhirnya Dera mendapatkan balasan akibat
perbuatannya sendiri.
(Dilarang Menyontek, Angela
Yuni, dengan penyesuaian)
|
Pesan yang terdapat dalam penggalan cerpen
tersebut adalah ...
A. Jangan mempermalukan teman dengan membuka aib / kesalahannya.
B. Jangan menyontek karena kalau ketahuan akan malu sendiri.
C. Fitnah kepada orang lain itu akan kembali kepada
diri sendiri.
D. Jangan menyontek agar tidak dimarahi guru yang mengajar kita.
E. Menyakiti perasaan teman adalah perbuatan yang tidak baik.
39. Bacalah teks
berikut!
Aktivitas vulkanis Gunung Sinabung [...] Kabupaten Karo, Sumatera Utara,
meningkat sepekan terakhir. Gunung meletus dan mengeluarkan awan panas
guguran dua hingga delapan kali sehari. Aktivitas gempa juga terus meningkat
yang menandakan masih ada tekanan dan suplai energi [...] dapur magma. Semua
pihak diminta waspada [...] kemungkinan bahaya yang ditimbulkan oleh
aktivitas vulkanik Gunung Agung.
|
Preposisi
yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks tersebut adalah ....
A.
dari, kepada, terhadap
B. di, dari,
terhadap
C.
ke, dari, pada
D.
pada, di, dari
E.
dalam, pada, bagi
40.
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
1) Kandungan
yang tidak kalah berbahaya dalam cat adalah timbale dan merkuri. 2) Timbal
terkandung dalam pigmen penghasil warna tertentu, terutama warna-warna cerah.
3) Oleh karena itu, tidak heran jika
cat warna kuning dan oranye memiliki kandungan timbal yang lebih tinggi jika
dibandingkan dengan warna-warna lain. 4)
Merkuri yang terkandung di dalam cat berguna sebagai campuran untuk
antijamur. 5) Kedua bahan ini akan membahayakan bila sampai masuk dalam
tubuh.
|
Kalimat
yang menyatakan hubungan perbandingan terdapat pada nomor ….
A. 1
B. 2
C.
3
D. 4
E.
5
Jawablah
pertanyaan-pertanyan berikut dengan benar!
1. Perbaikilah kalimat tidak efektif di
bawah ini.
a.
Penumpang
yang membawa barang lebih dari 20 kg harap dimasukan di bagasi.
b.
Kami
berangkat ke sekolah pukul 03.00 dini hari.
c.
Di dalam
buah manga mengandung vitamin C.
2. Tuliskan data buku berikut dalam bentuk
catatan kaki!
JUDUL
BUKU
|
PENULIS
|
TAHUN
TERBIT
|
PENERBIT
|
KOTA
|
DIKUTIP
HALAMAN
|
Komposisi
|
Gorys Keraf
|
1993
|
Nusa Indah
|
Ende Flores
|
4
|
Pengarang Indonesia dan Dunianya
|
H. B Yassin
|
1983
|
Gramedia
|
Jakarta
|
8
|
Ensiklopedia Pendidikan
|
Soegarda Poerbakawatja dan Sudarno
|
1976
|
Gunung Agung
|
Jakarta
|
18
|
3. Buatlah kalimat dengan menggunakan
majas berikut,
a.
Personifikasi
b.
Hiperbola
c.
Metonimia
4. Buatlah satu pantun dengan tema agama!
5. Buatlah teks negosiasi dengan struktur
teks negosiasi!
@@@@@@@ SELAMAT MENGERJAKAN
@@@@@@@
Tidak ada komentar:
Posting Komentar